RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING
KELOMPOK
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
1.
Nama
Konseli : (nama-nama anggota
konseling kelompok dan kelas disamarkan)
2.
Hari,
Tanggal :
....................................
3.
Pertemuan
ke- :
....................................
4.
Waktu :
.................................... (ditulis perkiraan menit yang
diperkirakan)
5.
Tempat :
.................................... (ditulis lokasi pelaksanaannya)
6.
Topik
permasalahan :
......................................................................................
7.
Media
Ytang diperlukan :
..............,......................
Konselor / Guru BK
..............................................
Keterangan:
Dokumen
ini bersifat rahasia
LAPORAN
PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING
KELOMPOK
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023
1.
Nama
Konseli :
.................................... (inisial/disamarkan)
2.
Kelas
Semester :
....................................
3.
Hari,
Tanggal :
....................................
4.
Pertemuan
ke- :
....................................
5.
Waktu : ....................................
(ditulis perkiraan menit yang diperkirakan)
6.
Tempat :
.................................... (ditulis lokasi pelaksanaannya)
7.
Pendekatan
dan teknik konseling :
.............................................................................................
(apabila
konselor menerapakn pendekatan/teknik tertentu hendaknya ditulis nama
pendekatan)
8.
Hasil
yang dicapai :
.......................................................................................................................
Mengetahui, Kepala Sekolah
...................................................... |
...............,..........................
Konselor / Guru BK
.............................................. |
Keterangan:
Dokumen
ini bersifat rahasia
KEPUASAN
KONSELI TERHADAP KEGIATAN KONSELING KELOMPOK
Identitas
Nama
Konseli :..........................................................................................
Kelas :..........................................................................................
Nama
Konselor :..........................................................................................
Petunjuk:
1.
Bacalah
secara teliti
2.
Berilah
tanda silang (x) pada kolom jawaban yang tersedia.
No. |
Aspek
Yang dinilai |
Sangat
Memuaskan |
Memuaskan |
Kurang
Memuaskan |
1. |
Penerimaan konselor/guru bimbingan dan konseling
terhadap kehadiran Anda
|
|
|
|
2. |
Waktu yang disediakan untuk konseling kelompok
|
|
|
|
3. |
Kesempatan yang diberikan konselor/guru bimbingan
dan konseling kepada peserta didik/konseli untuk menyampaikan pendapat/ide
|
|
|
|
4. |
Kepercayaan Anda terhadap konselor atau guru bimbingan dalam layanan konseling
kelompok |
|
|
|
5. |
Hasil yang diperoleh dari konseling kelompok
|
|
|
|
6. |
Kenyamanan dalam pelaksanaan konseling kelompok
|
|
|
|
FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
BIMBINGAN
KELOMPOK
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023
A |
Komponen layanan |
Layanan dasar /
reponsif |
B |
Bidang layanan |
Bidang
pribadi-sosial/ belajar/ karir |
C |
Fungsi layanan |
Dapat dipilih dari
uraian fungsi layanan |
D |
Tujuan |
Tujuan dapat disusun
dengan berdasarkan topik atau permasalahan. |
E |
Topik |
|
F |
Materi |
Dipilih sesuai
dengan tujuan yang akan dicapai, dan menyatu dalam suatu teknik tertentu.
Dapat pula dalam bentuk uraian materi yang dibaca peserta didik/ dijelaskan
oleh Guru bimbingan dan konseling atau konselor. |
G |
Sasaran layanan |
Tingkat kelas
peserta didik/ konseli semester berapa |
H |
Metode dan Teknik |
Dipilih sesuai
tujuan dan materi yang digunakan (diskusi kelompok, sosiodrama, psikoodrama,
atau teknik inovasinya misalnya, games,
mind mapping, expresive writing, art therapy, drawing therapy dan
lain-lain). |
I |
Waktu |
Ditulis sesuai
dengan kebutuhan kegiatan bimbingan (misalnya: 1 X 40 menit/ 2 X 45 menit/
sesuai jumlah jam yang diperlukan) |
J |
Media/ Alat |
Pemilihan media/
alat yang akan melengkapi penyampaian materi agar mudah diikuti oleh peserta
didik/ konseli |
K |
Tanggal pelaksanaan |
Diisi sesuai dengan
tanggal pelaksanaan di suatu kelas tertentu |
L |
Sumber bacaan |
Sumber bacaan yang
menjadi materi bimbingan jika diperlukan (buku, internet, artikel, dsb) |
M |
Uraian kegiatan |
|
|
1.
Tahap
Awal |
|
|
a.
Pernyataan
Tujuan |
a.
Guru
bimbingan dan konselingatau konselor menyapa peserta didik/ konseli dengan
kalimat yang membuat siswa bersemangat b.
Guru
bimbingan dan konseling atau konselor menyampaikan tentang tujuan bimbingan
yaitu sesuai dengan tujuan khusus yang akan dicapai meliputi aspek afektif,
kognitif dan psikomotor. |
b.
Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan kelompok (pembentukan kelompok) |
Menjelaskan proses
pelaksanaan kegiatan bimbingan. Apanila menggunakan teknik yang sudah dipilih
maka, Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling perlu menjelaskan
langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa. |
|
c.
Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi) |
Memberikan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan secara operasional dan
menanyakan kepada peserta didik/ konseli tentang kegiatan yang akan
dilakukannya. |
|
d.
Tahap
peralihan (transisi) |
|
|
Konselor atau Guru BK menanyakan kalau-kalau ada
siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasannya (Storming) |
a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan
tugas b.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling memberi kesempatan bertanya kepada setiap
kelompok tentang tugas-tugas yang belum mereka pahami c.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas
dan tanggung jawab peserta dalam melakukan kegiatan. |
|
Konselor atau Guru BK menyiapkan siswa untuk
melakukan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukannya (Norming) |
a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan konseling menanyakan kesiapan para peserta untuk
melaksanakan tugas. b.
Setelah
semua peserta menyatakan siap, kemudian Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling memulai masuk ke tahap kerja. |
|
|
2.
Tahap
Inti/ Kerja |
|
|
Proses atau kegiatan yang dialami peserta didik
dalam suatu kegiatan bimbingan berdasarkan teknik tertentu (Eksperientasi) |
Uraian ini berisi
tentang pelaksanaan tahapan kegiatan peserta didik/ konseli (‘Do’) sebagai operasionalisasi teknik
dalam mencapai tujuan. Pada tahap ini Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling
harus memastikan keselarasan antara tujuan yang akan dicapai, metode yang
dipilih, dengan materi yang digunakan. |
Pengungkapan perasaan, pemikiran dan pengalaman
tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan (Refleksi) |
1.
Refleksi
Identifikasi. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling dalamm mengidentifikasi respon anggota kelompok melaluui pertanyaan
yang mengungkap pengalaman peserta tentang apa yang terjadi pada saat
mengikuti kegiatan (What Happened).
Pertanyaan-pertanyaan pada refleksi identifikasi mengacu kepada pengukuran
pencapaian apa yang diketahui (pengenalan). 2.
Refleksi
Analisis. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling
dalam mengajak konseli untuk menganalisis dan memikirkan (think) sebab-sebab mengapa mereka
menunjukan perilaku tertentu dan apa yang akan dilakukan selanjutnya (so what). 3.
Refleksi
Generalisasi. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling mengajak peserta membuat rencana tindakan untuk memperbaiki
perilaku yang dianggap sebagai kelemahan dirinya (Plan). Selanjutnya Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling
mengajukan pertanyaan tentang rencana tindakan untuk memperbaiki perilaku
sebagai tanda peserta didik memiliki kesadaran untuk berubah (Now What). Contoh
Pertanyaan: rencana
apa yang akan dilakukan? kapan
akan dimulai? langkah
terdekat apa yang akan dilakukan? |
|
|
3.
Tahap
Pengakhiran (Terminasi) |
|
|
Menutup kegiatan dan tindak lanjut |
a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang
ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelompok. b.
Merencanakan
tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama c.
Akhir
dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming). |
N |
Evaluasi |
|
|
1.
Evaluasi
Proses |
Evaluasi ini
dilakukan oleh Konselor/ Guru bimbingan dan Konseling degan melihat proses
yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok, meliputi: a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling terlibat dalam menumbuhkan antusiasme peserta
dalam mengikuti kegiatan. b.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling membangun dinamika kelompok. c.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling memberikan penguatan dalam didik membuat langkah
yang akan dilakukannya. |
|
2.
Evaluasi
Hasil |
Evaluasi setelah
mengikuti bimbingan kelompok antara lain : a.
Mengajukan
pertanyaan untuk mengungkap pengalaman konseli dalam bimbingan kelompok b.
Mengamati
perubahan perilaku peserta setelah bimbingan kelompok c.
Konseli
mengisi instrumen penilaian dari Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling
(seperti contoh dalam konseling kelompok) |
Mengetahui, Kepala Sekolah ...................................................... |
...............,.......................... Konselor / Guru BK .............................................. |
LAPORAN
PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER
I TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Komponen
layanan :
Bidang
Layanan : Belajar/
Pribadi-Sosial/ Karir
Hari/
Tanggal Pelaksanaan : (diisi dengan
hari dan tanggal pelaksanaan)
Waktu : (diisi
sesuai dengan waktu yang telah digunakan)
Kelas : (diisi
dengan kelas sasaran)
Tujuan : (diisi
sesuai dengan yang ada di RPL)
Uraian Pelaksanaan
1.
Uraikan
kegiatan yang telah dilaksanakan (eksperientasi) :
a.
________________________________________________________________________
b.
________________________________________________________________________
c.
____________________________________________________________________ ,
dst
2.
Hasil
yang diperoleh (Identifikasi) :
a.
________________________________________________________________________
b.
________________________________________________________________________
c.
____________________________________________________________________ ,
dst
3.
Kesimpulan
yang didapat (Analisis) :
a.
________________________________________________________________________
b.
________________________________________________________________________
c.
____________________________________________________________________ ,
dst
4.
Tindak
lanjut dari kegiatan ini (Generalisasi) :
a.
________________________________________________________________________
b.
________________________________________________________________________
c.
____________________________________________________________________ ,
dst
Mengetahui, Kepala Sekolah
...................................................... |
...............,..........................
Konselor / Guru BK
.............................................. |
0 Comments:
Posting Komentar