Senin, 02 Januari 2023

LAYANAN KELOMPOK




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 
2022/2023

 

1.    Nama Konseli         : (nama-nama anggota konseling kelompok dan kelas disamarkan)

2.    Hari, Tanggal          : ....................................

3.    Pertemuan ke-         : ....................................

4.    Waktu                     : .................................... (ditulis perkiraan menit yang diperkirakan)

5.    Tempat                    : .................................... (ditulis lokasi pelaksanaannya)

6.    Topik permasalahan            : ......................................................................................

7.    Media Ytang diperlukan :

 

..............,......................

Konselor / Guru BK

 

 

 

..............................................

 

Keterangan:

Dokumen ini bersifat rahasia

 


 


                                                    

LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN

KONSELING KELOMPOK

SEMESTER I TAHUN PELAJARAN  2022/2023

 

1.        Nama Konseli       : .................................... (inisial/disamarkan)

2.        Kelas Semester     : ....................................

3.        Hari, Tanggal        : ....................................

4.        Pertemuan ke-       : ....................................

5.        Waktu                   : .................................... (ditulis perkiraan menit yang diperkirakan)

6.        Tempat                 : .................................... (ditulis lokasi pelaksanaannya)

7.        Pendekatan dan teknik konseling : .............................................................................................

(apabila konselor menerapakn pendekatan/teknik tertentu hendaknya ditulis nama pendekatan)

8.        Hasil yang dicapai            : .......................................................................................................................

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

......................................................

...............,..........................

 

Konselor / Guru BK

 

 

 

..............................................

 

Keterangan:

Dokumen ini bersifat rahasia

 



                                                    

KEPUASAN KONSELI TERHADAP KEGIATAN KONSELING KELOMPOK

 

Identitas                 

Nama Konseli         :..........................................................................................

Kelas                      :..........................................................................................

Nama Konselor      :..........................................................................................

 

Petunjuk:

1.    Bacalah secara teliti

2.    Berilah tanda silang (x) pada kolom jawaban yang tersedia.

 

No.

Aspek Yang dinilai

Sangat Memuaskan

Memuaskan

Kurang Memuaskan

1.    

Penerimaan konselor/guru bimbingan dan konseling terhadap kehadiran Anda

 

 

 

 

2.    

Waktu yang disediakan untuk konseling kelompok

 

 

 

 

3.    

Kesempatan yang diberikan konselor/guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik/konseli untuk menyampaikan pendapat/ide

 

 

 

 

4.    

Kepercayaan Anda terhadap konselor  atau guru bimbingan dalam layanan konseling kelompok

 

 

 

5.    

Hasil yang diperoleh dari konseling kelompok

 

 

 

 

6.    

Kenyamanan dalam pelaksanaan konseling kelompok

 

 

 

 

  


FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN

BIMBINGAN KELOMPOK

SEMESTER I TAHUN PELAJARAN  2022/2023

 

A

Komponen layanan

Layanan dasar / reponsif

B

Bidang layanan

Bidang pribadi-sosial/ belajar/ karir

C

Fungsi layanan

Dapat dipilih dari uraian fungsi layanan

D

Tujuan

Tujuan dapat disusun dengan berdasarkan topik atau permasalahan.

E

Topik

 

F

Materi

Dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, dan menyatu dalam suatu teknik tertentu. Dapat pula dalam bentuk uraian materi yang dibaca peserta didik/ dijelaskan oleh Guru bimbingan dan konseling atau konselor.

G

Sasaran layanan

Tingkat kelas peserta didik/ konseli semester berapa

H

Metode dan Teknik

Dipilih sesuai tujuan dan materi yang digunakan (diskusi kelompok, sosiodrama, psikoodrama, atau teknik inovasinya misalnya, games, mind mapping, expresive writing, art therapy, drawing therapy dan lain-lain).

I

Waktu

Ditulis sesuai dengan kebutuhan kegiatan bimbingan (misalnya: 1 X 40 menit/ 2 X 45 menit/ sesuai jumlah jam yang diperlukan)

J

Media/ Alat

Pemilihan media/ alat yang akan melengkapi penyampaian materi agar mudah diikuti oleh peserta didik/ konseli

K

Tanggal pelaksanaan

Diisi sesuai dengan tanggal pelaksanaan di suatu kelas tertentu

L

Sumber bacaan

Sumber bacaan yang menjadi materi bimbingan jika diperlukan (buku, internet, artikel, dsb)

M

Uraian kegiatan

 

1.     Tahap Awal

 

a.    Pernyataan Tujuan

a.    Guru bimbingan dan konselingatau konselor menyapa peserta didik/ konseli dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat

b.    Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyampaikan tentang tujuan bimbingan yaitu sesuai dengan tujuan khusus yang akan dicapai meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor.

b.    Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan kelompok (pembentukan kelompok)

Menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan bimbingan. Apanila menggunakan teknik yang sudah dipilih maka, Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling perlu menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa.

c.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)

Memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan secara operasional dan menanyakan kepada peserta didik/ konseli tentang kegiatan yang akan dilakukannya.

d.    Tahap peralihan (transisi)

 

Konselor atau Guru BK menanyakan kalau-kalau ada siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasannya (Storming)

a.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan tugas

b.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling memberi kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang tugas-tugas yang belum mereka pahami

c.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab peserta dalam melakukan kegiatan.

 

 

Konselor atau Guru BK menyiapkan siswa untuk melakukan komitmen tentang kegiatan yang akan dilakukannya (Norming)

 

 

a.    Konselor/ Guru Bimbingan dan konseling menanyakan kesiapan para peserta untuk melaksanakan tugas.

b.    Setelah semua peserta menyatakan siap, kemudian Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling memulai masuk ke tahap kerja.

 

2.    Tahap Inti/ Kerja

 

Proses atau kegiatan yang dialami peserta didik dalam suatu kegiatan bimbingan berdasarkan teknik tertentu (Eksperientasi)

Uraian ini berisi tentang pelaksanaan tahapan kegiatan peserta didik/ konseli (‘Do’) sebagai operasionalisasi teknik dalam mencapai tujuan. Pada tahap ini Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling harus memastikan keselarasan antara tujuan yang akan dicapai, metode yang dipilih, dengan materi yang digunakan.

Pengungkapan perasaan, pemikiran dan pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan (Refleksi)

1.    Refleksi Identifikasi. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling dalamm mengidentifikasi respon anggota kelompok melaluui pertanyaan yang mengungkap pengalaman peserta tentang apa yang terjadi pada saat mengikuti kegiatan (What Happened). Pertanyaan-pertanyaan pada refleksi identifikasi mengacu kepada pengukuran pencapaian apa yang diketahui (pengenalan).

2.    Refleksi Analisis. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengajak konseli untuk menganalisis dan memikirkan (think) sebab-sebab mengapa mereka menunjukan perilaku tertentu dan apa yang akan dilakukan selanjutnya (so what).

3.    Refleksi Generalisasi. Uraian ini berisi kegiatan Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling mengajak peserta membuat rencana tindakan untuk memperbaiki perilaku yang dianggap sebagai kelemahan dirinya (Plan). Selanjutnya Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling mengajukan pertanyaan tentang rencana tindakan untuk memperbaiki perilaku sebagai tanda peserta didik memiliki kesadaran untuk berubah (Now What).

Contoh Pertanyaan:

rencana apa yang akan dilakukan?

kapan akan dimulai?

langkah terdekat apa yang akan dilakukan?

 

3.     Tahap Pengakhiran (Terminasi)

 

Menutup kegiatan dan tindak lanjut

a.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelompok.

b.    Merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama

c.    Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming).

N

Evaluasi

 

1.     Evaluasi Proses

Evaluasi ini dilakukan oleh Konselor/ Guru bimbingan dan Konseling degan melihat proses yang terjadi dalam kegiatan bimbingan kelompok, meliputi:

a.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling terlibat dalam menumbuhkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan.

b.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling membangun dinamika kelompok.

c.    Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling memberikan penguatan dalam didik membuat langkah yang akan dilakukannya.

 

2.     Evaluasi Hasil

Evaluasi setelah mengikuti bimbingan kelompok antara lain :

a.    Mengajukan pertanyaan untuk mengungkap pengalaman konseli dalam bimbingan kelompok

b.    Mengamati perubahan perilaku peserta setelah bimbingan kelompok

c.    Konseli mengisi instrumen penilaian dari Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling (seperti contoh dalam konseling kelompok)

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

......................................................

...............,..........................

 

Konselor / Guru BK

 

 

 

..............................................



LAPORAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK

SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Komponen layanan                 :

Bidang Layanan                       : Belajar/ Pribadi-Sosial/ Karir

Hari/ Tanggal Pelaksanaan       : (diisi dengan hari dan tanggal pelaksanaan)

Waktu                                      : (diisi sesuai dengan waktu yang telah digunakan)

Kelas                                       : (diisi dengan kelas sasaran)

Tujuan                                     : (diisi sesuai dengan yang ada di RPL)

 

Uraian Pelaksanaan

1.    Uraikan kegiatan yang telah dilaksanakan (eksperientasi) :

a.    ________________________________________________________________________

b.    ________________________________________________________________________

c.    ____________________________________________________________________ , dst

 

2.    Hasil yang diperoleh (Identifikasi) :

a.    ________________________________________________________________________

b.    ________________________________________________________________________

c.    ____________________________________________________________________ , dst

 

3.    Kesimpulan yang didapat (Analisis) :

a.    ________________________________________________________________________

b.    ________________________________________________________________________

c.    ____________________________________________________________________ , dst

 

4.    Tindak lanjut dari kegiatan ini (Generalisasi) :

a.    ________________________________________________________________________

b.    ________________________________________________________________________

c.    ____________________________________________________________________ , dst

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

......................................................

...............,..........................

 

Konselor / Guru BK

 

 

 

..............................................

 


 






0 Comments:

Posting Komentar