FORMAT
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
I TAHUN PELAJARAN
A |
Komponen layanan |
Layanan dasar/ responsive |
B |
Bidang layanan |
Bidang
Pribadi-Sosial/ Belajar/ Karir |
C |
Topik bimbingan |
Diisi judul layanan
bimbingan klasikal/ kelas besar/ lintas kelas |
D |
Fungsi layanan |
Dapat dipilih dari
uraian fungsi lainnya |
E |
Tujuan umum (Kompetensi) |
Tujuan dapat disusun
dengan beberapa cara : 1.
Dirumuskan
berdasarkan SKKPD yang sesuai dengan bidang bimbingan, atau 2.
Dirumuskan
berdasarkan tujuan bidang layanan, atau 3.
Dirumuskan
berdasarkan bidang masalah. |
F |
Tujuan khusus (tujuan layanan) |
1.
Dirumuskan
berdasarkan analisis kebutuhan. 2.
Dirumuskan
secara lebih khusus dan operasional sesuai dengan aspek pengenalan
(memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan
(standar kompetensi) yang harus dikuasai), akomodasi (memperoleh pemaknaan
dan internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi) yang
harus dikuasai), tindakan (perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari dari
aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi) yang harus dikuasai) |
G |
Sasaran layanan |
Tingkat kelas siswa/
semester |
H |
Materi |
Dipilih sesuai
dengan tujuan yang akan dicapai. Bisa dalam bentuk uraian materi yang bisa
dibaca siswa/ dijelaskan oleh guru / atau yang tersirat dalam suatu teknik
tertentu. |
I |
Waktu |
Ditulis sesuai
dengan kebutuhan kegiatan bimbingan (misalnya: 1 X 40 menit/ 2 X 45 menit/
sesuai dengan jumlah jam di kelas). |
J |
Sumber |
Sumber bacaan yang
menjadi materi bimbingan (buku, internet, artikel, dsb). |
K |
Teknik |
Teknik dipilih
sesuai dengan tujuan yang akan dicapai denggan mempertimbangkan
kesesuaiannya. |
L |
Media/ Alat |
Pemilihan .... yang
akan melengkapi penyampaian materi agar mudah diikuti oleh sisw. |
M |
Tanggal Pelaksanaan |
Diisi sesuai dengan
tanggal pelaksanaan di suatu kelas tertentu |
N |
Pelaksanaan |
|
|
1.
Tahap
Awal/ Pendahuluan |
|
|
a.
Pernyataan
Tujuan |
1.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling menyapa peserta didik dengan kalimat yang
membuat siswa bersemangat 2.
Pada
tahap ini bisa juga diikuti dengan proses Ice
Breaking/ game sederhana 3.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan tentang tujuan bimbingan yaitu
sesuai dengan tujuan khusus yang akan dicapaimeliputi aspek afektif, kognitif
dan psikomotor |
|
b.
Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan kelompok pembentukan kelompok. |
Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan bimbingan. Apabila
menggunakan teknik yang sudah dipilih maka, Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling perlu menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung
jawab peserta didik. |
|
c.
Mengarahkan
kegiatan (Konsolidasi) |
Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling memberikan penjelasan tentang topik yang akan dilakukan |
|
d.
Tahap
peralihan (Transisi) |
a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling menanyakan kesiapan kelas dalam melaksanakan
tugas b.
Setelah
semua peserta menyatakan siap, kemudian Konselor/ Guru Bimbingan dan
Konseling memulai masuk ke tahap inti. |
|
2.
Tahap
Inti |
|
|
a.
Kegiatan
peserta didik |
Langkah-langkah
kegiatan yang dialami peserta didik dalam suatu kegiatan bimbingan misalnya
curah pendapat berdasarkan pengalaman, pengamatan, bacaan yang berkaitan
dengan topik yang dibahas. |
|
b.
Kegiatan
Guru BK/ Narasumber |
Menyajikan meteri
dengan menggunakan media BK yang sesuai dengan teknik tertentu. |
|
3.
Tahap
Penutup |
|
|
|
a.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang
ditemukan oleh siswa dalam suatu kerja kelompok b.
Merencanakan
tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama |
O |
Evaluasi |
|
|
1.
Evaluasi
Proses |
Evaluasi ini
dilakukan oleh Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling dengan melihat proses
yang terjadi dalam kegiatan bimbingan klasikal meliputi : 1.
Konselor/
Guru Bimbingan dan Konseling mengadakan refleksi tentang kegiatan klasikal 2.
Sikap
peserta didik dalam mengikuti kegiatan : (contoh: semangat/ kurang semangat/
tidak semangat) 3.
Cara
peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya : sesuai dengan topik/
kurang sesuai dengan topik/ tidak sesuai dengan topik 4.
Cara
peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Konselor/ Guru
Bimbingan dan Konseling : mudah dipahami/ kurang dipahami/ tidak dipahami |
|
2.
Evaluasi
Hasil |
Evaluasi setelah
mengikuti kegiatan klasikal, antara lain : 1.
Merasakan
suasana pertemuan : menyenangkan/ kurang menyenangkan/ tidak menyenangkan 2.
Topik
yang dibahas : sangat penting/ kurang penting/ tidak penting 3.
Cara
Konselor/ Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan : mudah dipahami/ kurang
dipahami/ tidak dipahami 4.
Kegiatan
yang diikuti menarik/ kurang menarik/ tidak menarik |
P |
Tindak
lanjut |
Uraian rencana
tindak lanjut setelah pemberian layanan |
Mengetahui, Kepala Sekolah ...................................................... |
...............,.......................... Konselor / Guru BK .............................................. |
FORMAT
LAPORAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER
I TAHUN PELAJARAN 2022/2023
1.
|
Topik
Kegiatan |
Diisi topik kegiatan |
2.
|
Tujuan
Kegiatan |
Diisi tujuan
kegiatan |
3.
|
Kelas/
Semester |
Diisi kelas/
semester peserta didik/ konseli |
4.
|
Hari/
Tanggal |
Diisi hari/ tanggaa
pelaksanaan |
5.
|
Durasi
Pertemuan |
Diisi durasi waktu |
6.
|
Pemateri
|
Diisi nama nara
sumber yang memberikan materi dalam
layanan kelas besar atau lintas kelas |
7.
|
Hasil
dan Tindak Lanjut |
Diisi hasil dan
tindak lanjut layanan bimbingan kelas besar/ bimbingan lintas kerja |
Mengetahui, Kepala Sekolah ...................................................... |
...............,.......................... Konselor / Guru BK .............................................. |
0 Comments:
Posting Komentar